Monday, January 30, 2017

Published 4:29 AM by with 0 comment

Pylopaguropsis Mollymullerae

Kelomang permen bergaris
(Candy Striped Hermit Crab)
ditemukan di Karibia

Pylopaguropsis Mollymullerae
Photo by Rafael Lemaitre & Ellen Muller

     Baru baru ini seorang fotografer bawah laut bernama Ellen Muller dengan peralatan scuba miliknya memperoleh foto foto dan video bawah laut penampakan kelomang merah bergaris kecil dan berwarna cerah yang terbukti mewakili spesies baru genus Pylopaguropsis.

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Subfilum : Crustacea
Superkelas : Multicrustacea
Kelas : Malacostraca
Subkelas : Eumalacostraca
Superordo : Eucarida
Ordo : Decapoda
Subordo : Pleocyemata
Infraordo : Anomura
Superfamili : Paguroidea
Famili : Paguridae
Genus : Pylopaguropsis
Spesies : P. Mollymullerae

Nama Binomial
Pylopaguropsis Mollymullerae
(Lemaitre, 2017)

     Spesies baru ini dideskripsikan dalam jurnal ZooKeys. Pola warnanya mengingatkan penulis Dr. Rafael Lemaitre dari Smithsonian Institute, Amerika Serikat, dengan permen gula tradisional dan dengan demikian ia menetapkan nama umum "Candy Striped Hermit Crab".

Common Name "Candy Striped Hermit Crab
Photo by Rafael Lemaitre & Ellen Muller

     Sementara itu, nama ilmiah dari spesies baru ini Pylopaguropsis Mollymullerae sesuai nama Molly Muller, cucu muda Ellen Muller. Ellen percaya bahwa "Dengan penghormatan ini akan menginspirasi Molly untuk melanjutkan tradisi melindungi keragaman kehidupan laut yang menakjubkan dan rapuh di Pulau Bonaire."

     Kelomang ini pertama kali difoto secara tidak sengaja disamping "Dwarf Reef Lobster" sambil mengamati invertebrata di celah celah dibawah karang besar. Selanjutnya lebih banyak kelomang difoto di berbagai celah celah bersama dengan "Broad Banded Moray". Ketika izin diperoleh dari pemerintah Pulau Bonaire, beberapa spesimen dikumpulkan dan dibawa untuk studi di Smithsonian Institute. Deskripsi formal kemudian disiapkan untuk publikasi dan spesimen disimpan di National Museum of Natural History, seperti yang dipersyaratkan oleh peraturan ilmiah ketika penamaan spesies baru.

A. Cheliped kanan (dorsal), B. Dactyl  dan fixed finger (ventral)
C. Cheliped kiri (dorsal), D. Cheliped kiri (lateral)
E. Cheliped kiri (mesial)
Drawings by Dr. Rafael Lemaitre

     Bentuk Cheliped (Pencapit) kanan spesies kelomang baru ini luar biasa unik dengan bentuk dan ukuran lebih besar bila dibandingkan dengan tubuhnya.

A. Pereopod kiri 2 (lateral), B. Pereopod kiri 3 (lateral)
C. Pereopod kanan 2 (lateral), D. Dactyl of same (mesial)
E. Pereopod kanan 3 (lateral), F. Dactyl of same (mesial)
Drawings by Dr. Rafael Lemaitre

     Perilaku kelomang baru ini sangat menarik. Ada sebuah asosiasi ekologi antara kelomang dan belut moray dimana fungsi kelomang ini sebagai "cleaner" atau "den commensal". Dalam satu contoh, satu individu diamati merangkak pada tubuh belut moray, mungkin memakan material yang menempel diatasnya. Pengamatan ini dapat ditafsikan sebagai bukti adanya asosiasi simbiosis antara keduanya.

Asosiasi Ekologi "Candy Striped Hermit Crab" & "Broad Banded Moray"
Photo by Ellen Muller

     Pembersih parasit pada tubuh ikan atau memakan partikel kecil yang menempel pada tubuh ikan oleh udang kecil telah dikenal hampir 60 tahun, tetapi belum pernah kelomang yang terdokumentasikan untuk terlibat dalam asosiasi ekologi. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi benar tidaknya peran ekologis ini.

0 comments:

Post a Comment