Wednesday, January 11, 2017

Published 8:46 AM by with 0 comment

Coelenterata

COELENTERATA

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Animalia
Subkingdom : Eumatazoa
Infrakingdom : Coelenterata

   Coelenterata sebelumnya dianggap sebagai suatu filum yang mencakup 3 kelas yaitu, Hydrozoa, Scyphozoa dan Anthozoa. Klasifikasi terakhir menempatkan coelenterata sebagai suatu infrakingdom yang mencakup 2 filum, Cnidaria dan Ctenophora. Cnidaria terdiri dari 4 kelas yaitu, Hydrozoa, Scyphozoa, Anthozoa dan Cubozoa. Ctenophora sekarang merupakan filum tersendiri.

   Coelenterata (dalam bahasa Yunani "coelenteron" yang berarti "rongga") adalah invertebrata yang memiliki rongga tubuh. Rongga tubuh tersebut berfungsi sebagai pencernaan (gastrovaskuler). Coelenterata memiliki susunan tubuh yang lebih komplek. Sel sel coelenterata sudah terorganisasi membentuk jaringan dan fungsi dikoordinasi oleh saraf sederhana. Tubuh coelenterata simetris radial dengan bentuk berupa Medusa (berbentuk seperti lonceng atau payung yang dikelilingi oleh tentakel) atau Polip (berbentuk seperti tabung atau seperti medusa yang memanjang). Coelenterata merupakan hewan diploblastik karena tubuhnya memiliki 2 lapisan sel yaitu, ektoderm (epidermis berfungsi untuk pelindung) dan endoderm (lapisan dalam atau gastrodermis berfungsi untuk pencernaan). Di antara kedua lapisan tersebut terdapat lapisan non seluler yang disebut "Mesoglea" pada lapisan ini tersebar sel sel saraf. Pada lapisan ektodermis terdapat sel knidoblast. Di dalam knidoblast terdapat nematokis (paling banyak pada tentakel) yaitu alat yang berfungsi untuk melumpuhkan dan mempertahankan diri dari musuh.

   Coelenterata hidup bebas secara heterotrof dengan memakan plankton atau hewan kecil di air. Mangsa menempel pada knodosit dan ditangkap oleh tentakel lalu dimasukan ke mulut. Habitat coelenterata seluruhnya hidup di air, baik air laut maupun air tawar. Sebagian besar hidup dilaut secara berkoloni. Ada yang melekat pada bebatuan atau benda lain di dasar perairan dan tidak dapat pindah untuk bentuk polip, sedangkan bentuk medusa dapat bergerak bebas melayang di air.

   Reproduksi coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual. Pada bentuk polip kebanyakan reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas. Tunas tumbuh didekat kaki polip dan akan tetap melekat pada tubuh induk sehingga membentul koloni. Pada semua bentuk medusa dan beberapa bentuk polip reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (ovem dengan sperma). Contoh polip yang membentuk gamet adalah Hydra.

Phyla (Filum)
  • Cnidaria
     - Kelas :
     1. Kelas Anthozoa
     2. Kelas Cubozoa
     3. Kelas Hydrozoa
     4. Kelas Scyphozoa
     5. Kelas Staurozoa
     6. Kelas Polypodiozoa
     7. Kelas Myxozoa
  • Ctenophora
     - Kelas :
     1. Kelas Tentaculata
     2. Kelas Nuda
     3. Kelas Scleroctenophora

0 comments:

Post a Comment