Saturday, January 28, 2017

Published 7:20 AM by with 0 comment

Harryplax Severus

Dunia sihir hadir di puing puing
karang mati Samudra Pasifik

Spesies kepiting baru ditemukan
di reruntuhan karang panti Guam
Photo by Jose C. E. Mendoza

     Spesies baru kepiting bertubuh kuning pucat dengan mata serupa manik manik diberi nama seperti tokoh sihir dalam serial Harry Potter dan juga penemu pertamanya.

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Subfilum : Crustacea
Superkelas : Multicrustacea
Kelas : Malacostraca
Subkelas : Eumalacostraca
Superordo : Eucarida
Ordo : Decapoda
Subordo : Pleocyemata
Infraordo : Brachyura
Superfamili : Pseudozioidea
Famili : Christmaplacidae
Genus : Harryplax
Spesies : H. Severus

Nama Binomial
Harryplax Severus
(Mendoza & Ng, 2017)

     Para peneliti mengumumkan penemuan spesies baru kepiting yang hidup di bawah puing puing karang mati di sepanjang pesisir pulau Guam dan pulau Mariana di barat Samudra Pasifik. Spesies ini diberi nama Harryplax Severus.

A. Cephalothorax, Left Side, B. Right Third Maxilliped,
C. Right (Major) Chela, D. Right (Major) Cheliped,
E. Left (Minor) Chela, F. Right P4, G. Right P5,
H. Right Vulva
Drawing by Jose C. E. Mendoza & Peter K. L. Ng

     Penamaan tersebut merupakan bentuk penghormatan pada Profesor Severus Snape, karakter dalam serial Harry Potter karya J. K. Rowling.

A. Thoracic Sternum, B. Anterior Thoracic Sternum,
C. Posterior  Sternites & Penis, D. Pleon, E. Left G1, F. Left G2

Drawings by Jose C. E. Mendoza & Peter K. L. Ng

     "Julukan spesifik Severus (keras, kasar, ketat) menunjukan proses yang ketat dan melelahkannya dalam pencarian kepiting ini. Ini juga merupakan kiasan untuk karakter terkenal dan disalah pahami dalam novel Harry Potter, Profesor Severus Snape, Snape menjaga salah satu rahasia paling penting dalam kisah tersebut, seperti halnya spesies baru yang menghindar untuk ditemukan hingga hari ini, hampir 20 tahun setelah hewan tersebut pertama kali dikumpulkan," kata ahli Biologi National University of Singapore, Jose C. E. Mendoza dan Peter K. L. Ng, dalam laporan penelitian mereka di jurnal ZooKeys.

     Nama "Severus" berasal dari bahasa Latin yang berarti "keras", seperti menggambarkan upaya yang tak kenal lelah dari pengumpul amatir bernama Harry Conley, yang pertama kali menemukan spesimen hewan itu pada 1998 dan 2001. Pada 2002 Conley meninggal dengan tragis, ditembak tepat dikepalanya, kemudian sampel sampel miliknya diserahkan kepada ahli Biologi dari University of Guam, Gustav Paulay, yang menyerahkan sempel tersebut kepada Peter Ng, ahli Taksonomi kepiting.

Harryplax Severus
Photo by Jose C. E. Mendoza

     Harryplax Severus adalah satu satunya wakil dari genus Harryplax dari keluarga Christmaplacidae. Sebelum dideskripsikan oleh Mendoza dan Ng, kepiting tak biasa tersebut belum pernah dideskripsikan secara resmi sebagai spesies baru hingga bertahun tahun kemudian, Mendoza dan Ng menyadari kepiting tersebut mewakili genus baru.

     Lebih dari itu, Harryplax Severus merupakan spesies kedua dari keluarga Chrismaplacidae dan merupakan yang pertama ditemukan di Samudra Pasifik. Nama genusnya Harryplax tak hanya mengacuh pada Harry Potter, tetapi juga bertujuan untuk mengabadikan nama sang penemu Harry Conley.

     "Nama itu dibagikan sebagai penghormatan atas kemampuan yang luar biasa dalam mengumpulkan makhluk makhluk langka nan menarik, seakan iya menggunakan sihir," ungkap Mendoza.

0 comments:

Post a Comment